Jumat, Januari 09, 2009

PSA Stripping




Kalau ada istilah sinetron stripping atau sinetron kejar tayang, maka istilah tersebut juga berlaku pada beberapa iklan layanan masyarakat atau public service advertisement (PSA). Akhir Desember tahun lalu, kami mengerjakan PSA kejar tayang milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) bertema sosialisasi Larasita (Layanan Rakyat untuk Sertipikasi Tanah)

Bagaimana nggak dibilang stripping kalau Rabu (24/12) baru dilakukan finalisasi cerita, Kamis survey lokasi, Jumat persiapan, Sabtu shooting, Minggu editing, Senin preview, Selasa mulai tayang. Sembari membahas ide cerita dan storyboard, kontak ke calon pemain juga dilakukan. Maklum saja, akhir tahun biasanya sudah lazim menjadi jadwal berlibur para artis. Semula client menginginkan PSA Larasita ini dibintangi artis "Tenda Biru" yang menjadi Duta Larasita, namun karena mendadaknya pemberitahuan dan sang artis sudah keburu punya jadwal liburan akhir tahun, maka dicarilah bintang yang pas, bebas ikatan politik dan punya jadwal kosong di akhir tahun. Akhirnya, setelah beberapa nama disaring terpilih pesinetron Derry Drajat yang kebetulan memenuhi semua kriteria tersebut.

Itulah sekilas proses produksi PSA Larasita yang mengambil lokasi di kampung nelayan di Tanjung Kait, Tangerang, Banten. Syukur lah, meski diproduksi dengan persiapan waktu yang minim akhirnya PSA berdurasi 60" besutan sutradara Dindin Zenture ini tayang di 5 stasiun televisi nasional menutup tahun 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar